Resensi novel “Nightmare”

Holaaa, kembali lagi dengan Mochi~~~

//hmm, apa ada yg masih baca review2ku di blog abal2 ini?//

_____

https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/300/product-1/2014/8/27/211270/211270_e5e17140-2d96-11e4-ab70-d0a84908a8c2.jpg

//apakah di luar sana ada yang baca novel ini?//

Judul: Nightmare

Penulis: Indira Hatmanti Puspitasari

Penerbit: DAR! Mizan

Genre: horror, fantasy

Tipe: novel

Terbit pada: Juli 2013

Blurb: “Pernah membaca novel yang mengandung kutukan? Alessa pernah. Judulnya Nightmare, dilengkapi peringatan konyol seperti ini: “Jangan membaca novel ini pada tanggal 13 Juni, saat tengah malam. Kalian bisa rasakan sendiri akibatnya!” Layaknya kalian, Alessa hanya tertawa membaca tulisan itu. Apa yang bisa dilakukan sebuah buku terhadap dirinya? Apa karena tulisan itu warnanya semerah darah? Lucu deh, Alessa malah membaca buku itu sengaja pada tanggal 13 Juni. Malah, bacanya di acara perkemahan. Supaya makin seram. Hahaha….

Sampai akhirnya, tunggu… mengapa teman-teman Alessa mulai menghilang? Satu per satu dari mereka mulai lenyap! Alessa mengalami kejadian-kejadian misterius, bahkan dihinggapi mimpi-mimpi buruk dalam tidurnya. Sesuatu berbisik di telinga Alessa perihal… arwah Edison….

Dan kalian, kalian sedang memegang buku ini sekarang, kan?”

_____

Oke, mari kita mulai.

Seperti biasa, review2 Mochi di blog ini bakal lebih menjerumus ke yg namanya spoiler.

Jadi, sebenarnya Mochi udah beli novel ini semenjak…. lima tahun yang lalu. Tapi karena waktu itu Mochi belum terjun bebas dan jatuh cinta dengan dunia sastra, maka pikiran Mochi masih berkata bahwa: “Wah, novel ini bagus banget! Keren!”

Dan sekarang, saat Mochi udah terjun bebas dan menghantam lantai sastra, maka pikiranku mengenai novel “Nightmare” saat ini adalah: “Kenapa dulu gue bisa suka sama novel ini?” *bingung*

Jadi gini sodara2, kenapa pikiran gue bisa berubah total karena:

  1. Latar yang kurang dijelaskan dengan cermat, sehingga mengganggu kenyamanan membaca. Contoh sederhananya adalah pas baca komik, tapi penggambaran latarnya cuma sereceh dan bukan segepok. Pastinya kita sebagai pembaca bakal bingung luar biasa. Contoh: “Eh, ini di perpus toh? Kukira di parkiran.” Tapi untungnya, masih ku-rate dengan kata “kurang”, bukan “luar biasa kurangnya.” //kek lu enggak kurang dalam penceritaan latar maupun show don’t tell, Chi
  2. Alur yang terlalu loncat-loncat. Maksudnya, dari adegan A, ujug2 ke adegan Z. Jadi, adegan B hingga Y kagak dijelasin. Hmm, mungkin maksudnya buat time-skip gitu ya? Actually, Mochi juga sering sih, loncat2 gitu. Tapi—maaf—menurut Mochi, novel ini terlalu banyak menggunakan time-skip sehingga alurnya terasa terlalu cepat.
  3. Ini novel awalannya kan, horor, kenapa tiba2 masuk ke genre fantasy, yaitu perang2an pake sihir dan mantra?

Oke, jadi novel ini dimulai dengan Alessa nyari2 novelnya sebelum matahari terbit. Lalu, katanya pencarian novel ini memakan waktu. Nah, memakan waktu berapa jam pun kita gak tahu. Kemudian bapaknya Alessa ngomong: “Alessa, ini hampir jam tujuh!” Nah, ini nyari novel berapa lama kagak tau, ujug2 si Bapak bilang udah mau jam tujuh. Kita pikirin dulu, kalo matahari terbit sekitaran jam setengah enam kurang, maka…. Alessa nyari novel selama sejam.

Oke, jangan dipermasalahkan. Toh, Mochi kalo nyari barang di tengah kamar bak kapal pecah butuh waktu seminggu baru ketemu (kalo waktu buat istirahat selama beberapa hari plus waktu buat baca komik, novel, dan main hp juga di-akumulasikan).

Lalu, hal yang mengganggu (bagi Mochi) adalah saat Alessa di mobil bareng si Bapak.

Inti percakapan:

Si Bapak: “Lu nemu tu novel di mana?”

Alessa: “Di sarung bantal.”

Si Bapak: “Kecil2 kok udah pikun.” (sambil nyetir) “Eh, itu tulisan apa kok warnanya merah?”

Alessa: “Peringatan. Baca sendiri aja sana.”

Si Bapak: “Kan Bapak lu ini udah kacamataan. Eh, Elisa Palofaith? Gue kek kenal.”

Mochi berusaha positif thinking, kali aja si Bapak pengen dibacain sama si anak atau emang tulisan peringatannya kecil pisan jadi kagak kebaca dan yang kebaca tulisan si pengarang. Nah, terus si Bapak kenapa alasannya udah kacamataan? Kenapa gak alasan lagi nyetir?

Baik.

Kemudian latar yang awalnya masih di jalan, tiba2 berubah jadi latar di deket sekolah.

Baik(2)

Kali aja latar di jalannya emang udah deket banget sama sekolahan si eneng.

Kemudian, latar berganti ke kantin. Lalu di time-skip ke waktu pulang, setelah si Alessa turun dari angkot dan sampai di jalan menuju perumahan. Terus jalanlah ia ke rumah temen sejak kecilnya, yaitu Dzaky, yang kedapatan jalan bareng Indri sambil gandengan. Katanya, si Dzaky ini kelas 2 smp. Yang mana artinya, dia masih terlalu kecil buat pacaran.

Mochi aja pas kelas 2 smp belum punya pacar :”(

https://pbs.twimg.com/media/DQHolIHVAAAZ_r7.jpg:small

Dan pas SMA, pas gue naksir sama kakak kelas, ternyata temen gue juga suka sama kakak kelas itu.

//derita cewek yg memendam perasaan, dan insyaAllah gk ada yg tau siapa kakak kelas itu//

Terus si Alessa puter balik mau pulang. Meninggalkan si Indri dan Dzaky buat berduaan di rumahnya si Dzaky. Hmm, nak, Anda tidak mau menggagalkan acara romantisme sejoli ini? Mereka barusan nebar garem loh, Mbak //min Mochi sesat, idih//

Tapi selanjutnya adalah adegan yg Mochi suka, karena yessss, ini satu-satunya adegan yang paling baik pembawaannya ver Mochi. Penulis mampu membangkitkan rasa deg2 serrrrr pas baca bagian ini. Yaitu adegan pas si Alessa sendirian di rumah, kagak ada siapa-siapa, dan jumpscare yang ada di bagian ini tersampaikan dengan baik.

Nah, terus diceritakan bahwa si Tante—yang kebetulan datang—memberi tahu lewat gerakan (atau bahasa tubuh) bahwa dia tahu siapa itu Elisa Palofaith, tapi kagak mau cerita kalo si Tante emang tau siapa itu Elisa.

Jadi, sejauh ini bisa disimpulkan bahwa sudah ada dua orang yang tau siapa itu Elisa Palofaith alias si pengarang novel Nightmare dalam novel fantasteen Nightmare:

  1. Bapaknya Alessa
  2. Tantenya Alessa

Kemudian tiba2 rumus time-skip mulai digunakan lagi oleh si penulis.

https://cdn.brilio.net/news/2017/11/16/134885/703868-1000xauto-lagu-qasidah-ala-emak-emak-ini-liriknya-lucu-banget.jpg

Jadi, kita skip aja langsung ke pas acara perkemahan. Lokasinya di Bukit Siguntang, yg menurut wikipedia terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Nah, pokoknya si Alessa takut buat melanggar peringatan di buku novel itu. TAPI, temen2nya yang ‘kelewat baik’ malah memaksa si Alessa buat baca novel pas tengah malam.

Si Alessa sempet bilang kalo feeling-nya gak enak. Dan dicela dengan perkataan: “Itu kan, cuma perasaan.”

Maap nih, Mbak, terus feeling seorang Ibu—yang notabene seorang cewek—itu gak bisa dianggap serius? 😦

Kemudian, adegan si Alessa dan temen2nya yang sok berani buat baca novel pas tengah malam menimbulkan petaka. Petaka no. 1: mimpi buruk berjamaah. Jelas dong, kalo temen2nya Alessa bakal menghakimi novel Nightmare, tapi ya ini kan ide kalian semua. Salah sendiri melanggar perintah.

Dan yang paling bikin Mochi sebel adalah, pas Indri bilang, “Ini bukan saatnya menyalahkan perbuatan kami, Sa.”

Hmm, tampaknya si Mbak Indri merasa bersalah tapi ditutup2in karena…

https://thefreakyteppy.files.wordpress.com/2017/12/meme36.png?w=341&h=249

Kemudian akhirnya si Indri dan temen2nya Alessa minta maaf dan langsung dimaafin sama si Alessa.

Image result for ok meme

Kadang gak ngerti aja, beberapa novel memiliki tokoh utama yang sifat pemaafnya kebangetan sehingga kalo temen atau musuhnya punya salah besar, terus mereka seenak jidat minta maaf, maka bakal dimaafin seenak jidat pula.

//mungkin karena saya memang orang yg bukan tipe oh-lu-udah-minta-maaf-jadi-kita-udah-oke-lagi-jadi-yuk-main-lagi jadi gk terlalu ngerti jalan pikiran orang yg sangat pemaaf.

Kemudian, Alessa dkk nanyain soal Elisa Palofaith ke seorang guru yang langsung hebohnya bilang, “Di…. dia?! Kok lu tau?!” gitu lah kira2. Yang kemudian malah bilang, “Gak, gue gk tau.” padahal jelas2 si Bapak tau siapa si Elisa.

Oke.

Lalu—mari kita mulai pake rumus time-skip karena jujur aja tangan mulai pegel—kejadian misterius lainnya mulai bermunculan. Salah satunya adalah menghilangnya Puput, yg ikutan baca novel pas tengah malem. Pada panik kan tuh, yang akhirnya pada pergi ke rumah Elisa Palofaith, yang mana kemudian si Ibu Elisa ini bilang kalo kutukan tanggal 13 Juni itu gara2 adeknya yang punya kekuatan sihir gara2 sempat belajar sihir di Prancis.

Hmmm, kenapa harus di Prancis? Kenapa gak di tempat lokal macam dukun gitu?

//kemudian teringat bahwa si Elisa dan Edison (si adek) asalnya dari luar negeri. Ohhh, ya pantes dong kalo pas itu si Edison belum kenal mbah dukun :3

Ya, pokoknya ada suatu alasan logis kenapa si Edison bikin kutukan itu.

Kemudian, anak2 yang tersisa (yg gk ngilang gara2 (ceritanya) diambil sama arwah Edison) pun pergi bareng Ibu Elisa buat mengalahkan arwah Edison dengan sihir.

Intinya nanti mereka menang dan cerita diakhiri tawa senang gara2 udah menang.

Kemudian, yg ingin Mochi tanyakan adalah…. kenapa alasan si Tante dan si Bapaknya Alessa tau siapa itu Ibu Elisa gak disampaikan dengan baik? Kenapa cuma dibilang: “Oh, kasus gue dulu terknal banget. Palingan mereka hanya lupa.”

Kenapa gak dijelaskan sebaik Anda menjelaskan alasan si Pak Guru, Mbak Penulis?

Hmmm…. oke.

Intinya—lagi—aku gk bisa mendeskripsikan novel ini sebagai sesuatu yg buruk banget. Imajinasi penulis udah lancar begini. Kejadian sebenarnya udah runtut, tapi alurnya masih kecepetan di beberapa bagian. Keliatan banget si penulis masih newbee (gk yakin sama penulisannya bener apa kagak) pas bikin cerita ini. Tapi untuk pemula, Mochi menganggap novel ini masuk ke taraf lumayan.

Score: 4.3/10

 

Tinggalkan komentar